Perkuat Karakter Siswa, MTs Amanah Galakkan Program Sholat Dhuha Rutin

By Mansur Amriatul 24 Jul 2018, 07:34:17 WIB Dunia Islam
Perkuat Karakter Siswa, MTs Amanah Galakkan Program Sholat Dhuha Rutin

Gambar : Siswa sedang antri untuk berwudhu 24/7/2018


Dalam rangka memperkuat karakter siswa, Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Amanah Ruteng kabupaten Manggarai menggalakkan program shalat Dhuha rutin lima kali dalam seminggu (Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jum’at). Pelaksanaan shalat Dhuha ini dimulai pada pukul 07.00 sampai 07.45 Wita.

Menurut Kepala MTsS Amanah Marience Ago, SAg "program sholat Dhuha rutin ini dimulai tahun pelajaran 2018/2019 berlaku baik bagi siswa maupun Pendidik dan tenaga Kependidikan di lingkungan MTs Amanah Ruteng. Walau saat ini, ditengah keterbatasan rungan untuk sholat siswa masih terbatas karena satu ruang berbagi dengan ruang perpustakaan.

Saat yang sama Marience Ago menjelaskan "pengamalan Shalat Dhuha mengacu pada Kompetensi Inti pada kurikulum yaitu menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. "Salah satunya lewat pengamalan shalat dhuha untuk menguatkan karakter dan sikap spiritual relegius siswa," ungkapnya.

Dikatakaannya, pencapaian kompetensi inti tersebut akan mewujudkan peningkatan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia siswa sesuai dengan misi pemerintah. Yaitu, mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. "Program shalat Dhuha rutin setiap pagi salah satu bentuk implementasi pembelajaran untuk membiasakan siswa melaksanakan ibadah sunnah," ujarnya.

Wakil kepala Madrasah bagian kurikulum Wahyuni, SPdI menjelaskan, shalat Dhuha adalah shalat sunnah muakkadah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu Zuhur. Afdhalnya, dilakukan pada pagi hari di saat matahari sedang naik "Shalat ini dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Cara mengerjakannya sama seperti shalat biasa," ujarnya.

Wahyuni menjelaskan, hikmah shalat Dhuha adalah memperlancar, melapangkan dan mempermudah rejeki, juga menghapus dosa-dosa. "Jadi, sayang dan rugi sekali apabila tidak shalat Dhuha," tandasnya. (msr)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment