Mengapa Harus Memilih Sekolah di Madrasah ???

By Mansur Amriatul 25 Jun 2018, 05:48:58 WIB Pendidikan
Mengapa Harus Memilih Sekolah di Madrasah ???

Gambar : PPDB Online MTs Amanah Ruteng Tahun Pelajaran 2018/2019


Ruteng, madrasahruteng.com - Tidak terasa tahun pelajaran 2018/2019 sudah di depan mata, lembaga-lembaga pendidikanpun mulai membuka pendaftaran untuk penerimaan peserta didik baru. Sehingga untuk mendapatkan minat dan simpati calon siswa, masing-masing lembaga pendidikanpun meluncurkan berbagai macam strategi sehingga persaingan untuk mendapatkan siswa sebanyak-banyaknyapun tetap terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun hal yang demikian merupakan hal yang wajar selama menggunakan cara-cara yang baik.

Kembali ke topik semula tentang “Mengapa Harus Memilih Sekolah di Madrasah?.” Jadi tulisan ini tidak ada niat untuk mendiskreditkan sekolah-sekolah yang basic-nya sekolah umum semisal SMA/SMK, SMP atau SD tapi ini hanya sekedar memberikan gambaran dari perspektif pendidikan pada madrasah.

Jika kita perhatikan, sebenarnya antara sekolah madrasah (agama) seperti MI/MTs/MA tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan sekolah-sekolah umum mengingat semua sekolah memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Namun meskipun demikian, tetap saja pasti ada hal-hal yang hanya bisa kita dapatkan di sekolah agama tapi tidak akan kita dapatkan di sekolah umum. Demikianpun sebaliknya.

Mengapa Harus Memilih Sekolah di Madrasah ? setidaknya ada 7 alasan mengapa kita harus memilih sekolah di madrasah, ketujuh alasan tersebut adalah:

  1. Sejarah telah mencatat bahwa madrasah telah melahirkan pemimpin di bidang pendidikan dan agama (scholar), negarawan dan bahkan pahlawan. Sebut saja misalnya Wahid Hasyim, Hasjim Asy’ari, Ahmad Dahlan, Hamka, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), AR. Fakhruddin, Mahfud MD serta tokoh-tokoh nasional lainnya.
  2. Madrasah tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk rakyat (masyarakat) berbeda dengan sistem pendidikan sekolah biasa atau community-based education. Dalam sejarahnya madrasah memiliki akar yang kuat untuk perjuangan bangsa dan memberantas kebodohan.
  3. Madrasah telah memadukan dua kurikulum: kurikulum dari Kemdikbud dan Kurikulum dari Kementerian Agama. Atau dengan kata lain, madrasah juga memberikan materi pelajaran umum, sebagaimana sekolah-sekolah biasa dan juga memberikan materi-materi pelajaran agama yang lebih kuat dibandingkan sekolah-sekolah biasa, Madrasah tidak hanya mengajarkan ilmu, tetapi juga menanamkan akhlak yang mulia.
  4. Madrasah tidak lagi dianggap sebagai pelengkap sistem pendidikan nasional, melainkan madrasah semakin menorehkan prestasi tidak hanya di bidang tafaqquh fi al din, akan tetapi juga dibidang-bidang lainnya, seperti riset ilmiah, vokasional, kewirausahaan, lingkungan (adiwiyata), dan sebagainya.
  5. Madrasah tidak hanya mencetak kader intelektual yang profesional dan pintar saja, melainkan juga kader muslim yang berintegritas, berkarakter, dan berakhlak mulia. Profesionalitas tanpa integritas akan membawa kerugian dan kehancuran. Sebaliknya integritas tanpa profesionalitas, akan menyebabkan kita jalan di tempat di tengah dunia yang kompetitif.
  6. Pendidikan madrasah menyentuh empat dimensi pendidikan, yakni dimensi pikir (kognisi), dimensi hati (spiritual), dimensi rasa (estetika), dan dimensi raga (fisik).
  7. Mencetak anak yang memiliki pandangan keagamaan yang rahmatan lil 'alamin dan menghargai kearifan lokal.

Wallahualambissawab

Referensi : diolah dari berbagai sumber (msr)

PPDB ONLINE MTS AMANAH RUTENG TAHUN 2018/2019

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment